ANALISIS PERBEDAAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN HISTORICAL COST DAN CURRENT COST

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Lilik Lufina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan proporsi aktiva dan kewajiban dalam laporan keuangan berdasarkan current cost bila dibandingkan dengan historical cost dalam kaitannya dengan general price level adjusment yang diukur dengan indeks harga konsumen dan menguji perbedaan laba sebelum pajak sebelum dan sesudah mengalami penyesuaian dengan tingkat inflasi.


Pemilihan sampel penelitian dilakukan secara purposive sampling. Sampel yang dipilih adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ selama tiga tahun berturut-turut dalam kurun waktu 2006 sampai dengan 2008. Pemilihan perusahaan manufaktur karena diharapkan semua perusahaan memiliki aktiva yang besar dan kos barang terjual yang mungkin terpengaruh karena faktor inflasi.


Dari hasil pengujian atas hipotesis yang diajukan dapat disimpulkan bahwa untuk mean aktiva perusahaan yang menggunakan historical cost akan berbeda dengan mean aktiva perusahaan yang menggunakan current cost ketika terjadi perubahan harga. Sebaliknya untuk profit, terdapat pertentangan hasil, ketika perubahan harga relatif kecil maka beda mean antara profit perusahaan yang menggunakan historical cost tidak berbeda dengan mean profit perusahaan yang menggunakan current cost.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##